Rabu, 15 Oktober 2014

ANALISA ADIDAS CLIMACOOL RUNNING SHOES


Adidas merupakan salah satu produsen peralatan olahraga terbesar didunia. Hampir semua alat-alat olahraga dia produksi, dari mulai sepatu, baju olahraga, celana olahraga hingga kaus kaki. Sepatu yang diproduksipun berbagai macam jenisnya, ada sepatu sepak bola, sepatu lari, sepatu futsal, dan lain-lain.

Pada analisa kali ini, saya mengambil contoh sepatu running adidas dengan tipe climacool karena saya memiliki sepatu ini sehingga saya dapat menganalisa sendiri apa yang membedakan sepatu ini dengan sepatu lainnya. Berikut ini merupakan analisa saya terhadap adidas climacool running shoes:

1.      Bahan penyusun
Bahan penyusun dari sepatu lari ini didominasi oleh jaring-jaring fiber sehingga sepatu ini memiliki bobot yang sangat ringan. Untuk sepatu lari, bahan penyusun seperti ini sangatlah penting karena semakin ringan sepatu tersebut, maka akan semakin cepat lari si pelari karena beban yang diberikan pada kaki sangat kecil.

Hal ini berbeda dengan sepatu casual pada umumnya dimana bahan penyusunnya adalah kulit yang memiliki bobot lebih berat.

2.      Bantalan
Jika alas kaki sepatu ini dibuka, maka anda akan menemukan sebuah karet elastis dibawahnya. Tujuannya adalah agar ketika si pelari sedang berlari, karet ini akan menahan tekanan pada tumit belakang si pelari sehingga tekanan tersebut dapat dibalikan kembali menjadi daya dorong ketika sedang berlari.

3.      Bentuk Alas
Ciri yang sangat membedakan sepatu lari dengan sepatu lainnya adalah alas yang digunakan. Jika pada sepatu biasa, alas yang digunakan lurus dan tidak memiliki gerigi, pada sepatu lari, alas yang digunakan memiliki bentuk melengkung dan begerigi.

Mengapa melengkung?
Karena saat kita berlari, otomatis sepatu kita akan melengkung kedepan dan jika alas itu sudah dibentuk melengkung, maka tenaga yang dibutuhkan untuk membuat sepatu itu melengkung menjadi berkurang.

Mengapa bergerigi?
Karena sepatu lari membutuhkan tingkat fleksibelitas yang sangat tinggi. Sehingga ketika berlari, seberapa besarnya lengkungan yang terjadi, sepatu ini tidak akan bermasalah.

Bahan penyusun dari alas kaki sepatu ini juga terdiri dari dua jenis bahan yang berbeda, yang berwarna kuning merupakan karet halus yang memiliki bobot sangat ringan, sedangkan yang berwarna hitam (yang berada dibawah) merupakan karet kesat, agar tidak licin saat berada dilintasan lari.

1 komentar: