Rabu, 15 Oktober 2014

PENGERTIAN DESAIN PEMODELAN GRAFIK BESERTA CONTOHNYA

PENGERTIAN

Desain Pemodelan Grafik terdiri atas 3 kata yang mengandung pengertian masing-masing seperti berikut :

1.      Desain
Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.

2.     Pemodelan
Pemodelan adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.

Istilah diatas merupakan istilah yang bisa dibilang masih sulit untuk dimengerti. Mudahnya adalah desain itu merupakan detail-detail terkecil dari sebuah model. Kita ambil contoh model sepatu lari (running shoes) memiliki desain yang berbeda dari sepatu lainnya sepeti bahan penyusunnya yang lebih ringan dan elastis dan lain-lain.

3.      Grafik
Grafik identik dengan suatu garis-garis, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga di definisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.

Jadi Kesimpulannya, Desain Pemodelan Grafik merupakan  suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra.

Desain Pemodelan Grafik Juga memiliki beberapa unsur, yaitu Garis (Line), Bentuk (Shape), Huruf (Character), Simbol, Bentuk Nyata (Form), Tekstur, Ruang (Space), Ukuran (Size) dan Warna (Color).

Selain itu, Desain Pemodelan Grafik juga memiliki beberapa prinsip, yaitu :

·  Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.

·  Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.

·  Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi.

·  Penekanan (aksentuasi)
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.

· Irama (repetisi)
Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama.


CONTOH

Contoh dari penerapan desain pemodelan grafik sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti :
1.   Brosur/Pamflet

Pamflet diatas merupakan salah satu contoh penerapan desain pemodelan grafik, karena didalamnya terdapat unsur-unsur dari desain pemodelan grafik. Pamflet ini juga disusun dengan menggabungkan beberapa gambar dan tulisan menjadi satu dan kembali diatur kembali keseimbangan warna dan unsur-unsur didalamnya sehingga terlihat menarik dan mudah dimengerti.

2.   Film Animasi

Film animasi tidak hanya dan begitu saja muncul tanpa adanya suatu proses sebelum film animasi tersebut selesai. Dan pada tahapan pembuatan film animasi pasti melibatkan semua unsur dan prinsip yang ada dalam desain pemodelan grafik.


SUMBER
http://ardipolkam.wordpress.com/2013/11/25/multimedia-pengertian-grafik-jenis-jenis-grafik-software-yang-digunakan-dan-pengertian-format-gambar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar