Jumat, 02 November 2012

Perintah Dasar Linux


Perintah Dasar Linux

Linux yang anda dapatkan saat ini, secara penampilan dan kemudahan sistem kerja sudah tidak lagi ada beda dengan Windows. Hanya dengan klik sana sini, semua sudah berjalan dengan baik. Kemudahan-kemudahan seperti ini seharusnya tidak melupakan kita terhadap teknik menjalankan perintah dengan command line atau baris perintah dalam lingkungan Shell.

Keuntungan menggunakan perintah di baris perintah adalah efektifitas dan maksimalitas kerja. Pemula Linux sebaiknya mengetahui dan sedikitnya pernah menggunakan perintah baris ini karena suatu saat pengetahuan akan perintah-perintah ini bisa sangat diperlukan. Beberapa fitur bahkan hanya bisa kita jalankan dengan perintah di baris perintah.

Mengetik Perintah di Baris Perintah

Seperti halnya apabila kita mengetikkan perintah di DOS, baris perintah di Linux juga diketikkan di prompt yang ada di lingkungan shell dan diakhiri enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.

Contoh dibawah memberikan gambaran bagaimana seorang user bernama romi sedang mengetikkan perintah ls -l pada baris perintah di lingkungan shell.


Cara Melihat Manual Suatu Perintah



Apabila anda kesulitan dalam memahami bagaimana menggunakan suatu perintah, anda dapat melihat manualnya. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengetikan di baris perintah (shell) man <nama perintah>.

Misalnya anda ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan perintah ls, maka ketikkan:

$ man ls

Manual tersebut akan menampilkan secara detail bagaimana cara penggunaan perintah ls (perhatikan gambar di bawah).



Berikut akan disajikan rangkuman perintah praktis Linux yang sengaja dikumpulkan dalam kategori-kategori tertentu untuk mempermudah dalam penghapalan dan penggunakan.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar